• Karya ilmiah



       

    KATA PENGANTAR

    Puji syukur kita panjatkan kehadirat alloh yang maha esa , karna atas berkat rahmat dan karunianyalah karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik,dengan judul upaya penanggulangan sampah di Indonesia. Dengan membuat tugas ini saya harapkan kita semua mampu untuk lebih mengenal tentang masalah sampah dan berbagai bahaya yang dapat ditimbulkannya,yang merupakan salah satu ‘PR’ besar bangsa Indonesia dan seringkali tidak di tanggapi dengan baik dan bijak sana oleh masyarakat Indonesia.
    Kami sadar sebagai seorang pelajar yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan karya ilmiah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karna itu kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif ,guna penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang .
    Harapan saya semoga karya ilmiah yang sederhana ini , dapat memberi kesadaran tersendiri bagi generasi muda bahwa pentingnya menjaga , memelihara, dan melestarikan lingkungan untuk negri kita tercinta Indonesia amin




    DAFTAR ISI
                   KATA PENGATAR…………………………………………………..i
                   DAFTAR ISI………………………………………………………….ii
                   BAB I PENDAHULUAN……………………………………………iii
      1.1.Latar Belakang………………………………………………………………1
      1.2.Rumusan Masalah……………………………………………………………2
      1.3Tujuan Penelitan…………………………………………………............ ......2
      1.4.Manfaat penelitian…………………………………………………………. ..2
      1.5.Metodologi Penelitian…………………………………………………….….2
                    BAB II ISI………………………………………………..................IV
    2.1.Pengertian Sampah…………………………………………………………..3
    2.2Dampak Bagi Manusia dan Lingkungan……………………………………..3
    2.3.Usaha Penanggulangan Sampah…………………………………………….3
    2.4.Cara menanggani Sampah………………………………………...................4
    2.5.Sampah yang ditimbulkan dari aktivitas manusia………………….….........4
                   BAB III PENUTUP……………………………………...V
    3.1.Kesimpulan…………………………………………………………………5
    3.2.Saran……………………………………………………………………….5






    BAB I
    PENDAHULUAN

    1.1.    LATAR BELAKANG
    Salah  satufaktor  yang  menyebabkan rusaknya lingkungan hidup  yang  sampai saat ini masih tetap menjadi  “PR”  besar bagi bangsa  Indonesia  adalah factor pembuangan limbah sampah plastik.  Kantong plastic telah menjadi sampah  yang  berbahaya dan sulit dikelola.  Manusia memang dianugerahi Panca Indera  yang  membantunya mendeteksi berbagai hal  yang  mengancam hidupnya.  Namun  di  dalam dunia  modern  ini muncul berbagai bentuk ancaman  yang  tidak terdeteksiolehpancaInderakita,  yaituberbagaijenisracun  yang  dibuatolehmanusiasendiri.
    Sifat racun sintetis  yang  tidak berbau dan berwarna,  dan dampak kesehatannya  yang berjangka panjang,  membuatnya lepas dari perhatian kita.  Kita  lebih risau dengan gangguan   yang  langsung bisa dirasakan oleh panca indera kita.
    Hal  ini terlebih dalam kasus sampah,  di  mana gangguan bau  yang  menusuk dan pemandangan  (keindahan/kebersihan)  sangat menarik perhatian panca indera kita.                           Begitu dominannya gangguan bau dan pemandangan dari sampah inilah  yang  telah mengalihkan kita dari bahaya racun dari sampah, yang lebih mengancam kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita.



    1.2.     RUMUSAN  MASALAH
    Berdasarkan latarbelakang diatas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah :
    1.Bagaimana dampak sampah bagi kehidupan?
    2. Bagaimana cara menanggulangi sampah?
    3. Apa saja sampah yang ditimbulkan dari aktifitas manusia?

    1.3.    TUJUAN PENELITIAN:
    -Untuk mengetahui bahaya racun  yang ditimbulkan oleh sampah.
    -Untuk mengajak masyarat untuk membuang sampah pada tempatnya agar tidak menimbulkan penyakit
    -menyadarkan masyarakat bahwa dengan cara membuang sampah lingkungan menjadi rusak
    -Untuk mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan oleh sampah

    1.4.    MANFA’AT  PENELITIAN
    Dengan adanya penelitian ini diharapkanakan memberikan manfa’atyaitu :
    Dapat mengetahui sampah  yang  ada  di  Indonesia,  bagian - bagiannya,  dampak  yang ditimbulkannya,  bahayanya bagi kesehatan dan lingkungan khususnya sampah plasik,  cara mengurangi dan mengerti tentang prinsip produksi bersih.
     -meneliti langsung dilapangan
    1.5 METODE PENELITIAN
                -observasi
                -mencari informasi di internet
                -mencari sumber informasi dari buku
                -Dan mewawancara sumber sumber tertentu













    BAB II
    ISI



    2.1 PENGERTIAN SAMPAH
    1.      Sampah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembikinan atau pemakaian barang rusak atau bercacat dalam pembikinan manukfatur atau materi berkelebihan atau ditolak atau buangan.

    §  Sampah dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
    *      Sampah Organik
    Sampah organic biasa disebut sampah basag yang terdiri dari bahan bahan penyusun tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian,perikanan atau yang lain
    *      Sampah Anorganik
    Sampah anorganik biasa disebut sampah kering yang berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi atau dari proses industry



    2.2 DAMPAK SAMPAH BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN
    *Dampak bagi kesehatan
         Lokasi dan pengelolaan sampah yang kurang memadai merupakan tempat yang cocok    bagi beberapa organism dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan anjing yang dapat menimbulkan penyakit

    *Dampak terhadap lingkungan
        Cairan rembesan sampah yang masuk ke dalam drainase atau sungai akan mencemari air,berbagai organism termasuk ikan dapat mati sehingga beberapa spesies akan lenyap,hal ini mengakibatkan berubahnya ekosistem perairan biologis.penguraian sampah yang dibuang kedalam air akan menghasilkan asam organic dan gas cair organic,seperti metana,selain berbau kurang sedap gas ini dalam konsentrasi tinggi dapat meledak.



    2.3 USAHA PENANGGULANGAN  SAMPAH
          
     Untuk menangani permasalahan sampah secara  menyeluruh perlu dilakukan alternative pengolahan yang benar.Teknologi landfill yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah lingkungan akibat sampah,justru memberikan permasalahan lingkungan yang baru.Kerusakan tanah,air tanah,dan air pemukiman sekitar air lindi,sudah mencapai tahap yang membahayakan kesehatan masyarakat,khususnya dari segi sanitasi lingkungan.

    2.4 CARA MENANGGANI SAMPAH  
                Cara menanggani sampah di tempat tempat seperti:

    -          Disekolah (membuat jadwal piket )
    -          Di lingkungan sekitar rumah (gotong royong)



    2.5  SAMPAH YANG DITIMBULKAN OLEH AKTIVITAS MANUSIA
                     
    Sumber sumber sampah di perkotaan disebabkan oleh  aktivitas manusia di pemukimantempat tempat umum dan kawasan industri .Jika pemukiman tercemar,maka lingkungan disekitar pemukimanpun menjadi tidak baik . lingkungan akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap maka selain lingkungan yang tercemar, biasanya orang –orang sering terkena berbagai penyakit yang berbahaya .
                     Banyaknya sampah yang ada disungai juga menyebabkan sejumlah binatang air menjadi mati, sampah sampah plastik  yang dibuang kesungai akan mengeluarkan zat-zat yang berbahaya serta menyebabkan beberapa ikan terperangkap dan mati .
                   Sementara itu sampah di kota kota juga banyak yang dihasilkan dari tempat tempat umum . tempat umum adalah tempat yang sering di pergunakan oleh bersama seperti pasar, wc umum ,jalanraya, lapangan,dll. Hal ini mengingat tidak adanya ketidakpedulian akan tempat tempat umum dan tidak adanya kesadaran diri untuk membuang sampah pada tempatnya meskipun berada di tempat umum bahkan sebagian masyarakat ada yang dengan sengaja membuang sampah di pinggir jalan, akibatnya sejumlah resapan air di jalanan menjadi tersumbat contohnya sungai sebagai sarana untuk mengalirkan air menjadi tidak berfungsi dengan keberadaan sampah .
                Disadari ataupun tidakdisadari sampah saat ini termasuk permasalahan yang sulit dipecahkan, mengingat sampah yang ada di kota kota  kebanyakan berupa sampah anorganik yang sulit untuk di daur ulang , sementara itu hampir semua kemasan yang menyebabkan sampah merupakan bahan yang sulit untuk di uraikan dan membutuhkan waktu beratus tahun untuk mengembalikan pada keadaan semula








                                                 

               
    BAB III
            
         PENUTUP

    3.1      Kesimpulan
                     Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun  proses  alam  yang  belum memiliki nilai ekonomis,Penyakit diare, kolera,  tifus menyebar dengan cepat karena  virus yang  berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur  air minum.
                   Pembuangan sampah padat ke badan  air  dapat menyebabkan banjir dana akan memberikan dampak bagi fasilitas pelayanan umum seperti jalan, jembatan dan lain2.

    3.2     Saran
          - dengan menumbuhkan kesadaran dari dalam diri untuk tidak merusak lingkungan dengan sampah.
          -Selain itu diperlukan juga sosial budaya masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan.
          -kita harus senantiasa membuang sampah pada tempatnya agar tidak menyebabkan kerusakan lingkungan,penyakit,dll.

    Daftar pustaka
    Masduduin,ivan.2008. sampah yang ditimbulkan dari aktivitas manusia.jakarta:panca anugrah sakti
    Kurniawan ,iwan .2006.lingkungan hidup dan pengertian sampah.bandung:jembar
    T.subhansyah,aan.dkk.anak jalanan di Indonesia.yogyakarta:yayasan pengkajian lembaga sosial humana
    Tim penyusun penyusun kamus pusat bahasa. 2002. Kamus besar bahasa Indonesia edisi ketiga ,Jakarta :balai pustak
    Masdudin ivan .2008. musibah kebakaran dan pencegahannya. Jakarta:panca anuugrah sakti
    Masdudin,  ivan.2008. bahaya sampah pelastik.jakarta:panca anugerah sakti

    http://www.grida.no/climate/ipcc_tar_wg2/index.htm

0 comments:

Post a Comment